Audisi Batavia Madrigal Singers 2007

Dari milis AgriaSwara IPB (24 Juli 2007)

Ini sebenernya udah jadi impian gw sejak dulu kala, sejak zamannya Maureen (Sopran 34) dorong-dorong gw untuk coba audisi BMS. Waktu itu (gw rasa akhir abad 19 geto deh, hehehhe), gw gak berani. Ye… boro-boro mo Batavia Madrigal Singers, pan kala itu jam terbang nyanyi aja masi pas-pasan yak, Bang Jali.

Nah, trus sekitar taon 2004 geto, Kang Arvin juga encourage gw untuk masuk BMS, tapi lagi-lagi gw lom punya nyali. Lagian waktu itu pan gw masih kulz kulz di Bogor. Dan gw tau persis kalo jadwal latian BMS yang di Jakarta itu bisa sampe jam 10.30 malem. Lha gimana gw pulang ke Bogor yak? Secara gw kan gak punya helikopter pribadi bwt antar jemput gw kemana-mana. Deu! Heli… helicak kali.

Akhirnya gw coba Twilite Chorus dulu waktu itu, barengan sama Ewinx, La Nina Bella, Niken (where on earth are you now, Nike?), dan Pe (hehehe). Lumayan lah, ngejajal kemampuan. Eh, masuk juga. Mujur banget gw!

Trus, dah itu, mulai deh, ekspansi kemana-mana, menancapkan panji-panji imperialisme di teritori terlarang komunitas musik Jakarta (buset dah! gw lagi ngebahas apaan si?). Gw masuk ke Magenta Choir (yang entah ada di mana sekarang. Mas Andi! Hello!), Impromptu Singers format besar, NYCI-nya Ivan Yohan (bareng Chibi Maruko Chan dan Asep ^-^), ReChoir-nya Widya Kristanti, dan terakhir Cavallero Male Singers-nya Rainier Revireino. Di Cavallero, Yosi (Tenor-2 BMS) juga nyemangatin gw buat ikut audisi BMS.

Putra udah selangkah lebih maju tentunya dari gw, karena dia dah audisi tunggal duluan sama K’ Yosi (Sanctus Choir) buat konser opera Samson n Delila kemaren. Nah, kan gw kayaknya tipe-tipe pemalu gitu deh… … … (heuh? gak sallah lo? hehehhe)… … … jadi, gw bilang, ah, ntar aja ah, siapa tau ada audisi besar BMS. Jadi kan, kalo audisinya keroyokan, at least, gw gak culun-culun amat diaudisi
sama K Avip.

Eeeeeeeeeeeeeeeh…. tiba juga waktunya. Ya udah lah, gw gak sempet juga ngajak-ngajak kalian, secara kan udah pada jarang ketemuan juga sekarang. Trus, gw liat di milis Ewinx dah forward pengumuman audisi besar BMS ini. Trus, waktu gw di Surabaya, kayaknya waktu itu gw coba posting buat nyemangatin siapa pun dari kalian buat ikut audisi ini. (Waktu itu gw lom kepikiran mo ikut). Tapi ternyata kirim email lewat hape susahnya setengah mati.

Ya udin, gw coba deh, peruntungan gw di Las Vegas, eh, di BMS. Gw tadinya mo ngambil jadwal yg tgl 29 nanti, tapi ternyata gw mesti nyanyi sama Cavallero di Immanuel Jakarta. Trus gw majuin deh jadwalnya.

Dan gw bingung gitu, suruh nyiapin satu lagu klasik. Inget banget, dulu waktu audisi TC, gw nyiapin satu lagu Charles Gounod (Noel), tapi karena pianisnya ngerasa kalo iringan lagu ini susah, ujung-ujungnya gw nyanyi Bagimu Negri juga. Hehehhe…. Mungkin gara-gara itu juga gw lolos TC. Dan kemana kah engkau akan dibawa sekarang, TC? (gw dah gak aktif lagi nih di situ. gimana yaaa… gw kayaknya udah dilupain gitu, hiks hiks). Ya udah lah, gapapa kok. Makanya gw semangat banget buat audisi BMS.

Tau gak? Pas audisi yah… kan seperti biasa gw dites ambitus dulu. Gw gak tau sampe nada apa, yang jelas kayaknya sampe di register falsetto gw deh. Mungkin sampe B2 atau C3. Yang ngaudisi K Avip doang. Trus dah gitu dia nanya dong,”Mo nyanyi lagu apa?” tanya K Avip. —> hehehhehe

“Nina. Giovanni Pergolesi,” jawabku.

Trus gw kasi fotokopian partitur tu lagu yang gw download gretongan dari repertoireonline.com (good source of free solo vocal scores). Karena gw pikir emang biasanya kita mesti sedia copy partitur.

Eh! Dia udah punya sendiri dong, di salah satu buku partiturnya yang tebel itu. Waduh! Berarti dia dah tau banget ni lagu. Pas dia ngasi gw tune chord di G minor, gw tambah yakin kalo dia dah tau ni lagu. Emang Pergolesi ini komposer Italia abad Renaissance gitu sih. Jadinya bukan karya modern. Trus, lagunya banyak acciacaturanya gitu, jadi selama nyanyi, gw mesti ngebayangin Mariah Carey. Huahahahha… Tau gak kenapa? Kan Mariah Carey kalo nyanyi kayak uler. Nadanya keriting gitu.

“Tre giorni son che Nina, che Nina, che Nina…”

Duh. Gw dah gak inget lagi kalo di depan gw itu Avip Priatna. Abis, lagunya bagus. Akku zuqqa zeggalli.

Trus dah itu primavista. Rhythm sama melodi. Lancar car carrrr.

Udah deh. “Pulang sana! Dasar anak tak tau diri!” bentak ibu tiri. — > heheheh

Trus gw pulang. Besok sorenya (so fast!) gw ditelpon sama Resonanz Music Studio tempat latian BMS. “Selamat! Anda memenangkan tiket liburan ke Hawaii selama 5 hari 4 malam, sebuah iPod Nano, satu pak lolipop rasa jahe, dan lolos audisi Batavia Madrigal Singers.”

…. waduh, gw lupa, kayaknya sih redaksi tepatnya nggak kayak gitu deh, heheheh. Bodo ah. Pokoknya gw lolos! Horreeeeey!

Eh, by the way anyway busway, itu kan masih ada lagi sehari jadwal audisi, Minggu besok tanggal 29. Ayo! Semua-muanya ikut audisi juga. Sama kok proses audisinya sama audisi yang selama ini kalian ikuti. Ayo! Ayo! Ararek kabeh! Melu, meluuuu!

Tanggapi