Spotifytuation

Seorang penyanyi paduan suara yang baik biasanya memiliki referensi musik yang luas dengan terus memperkaya perbendaharaan musik. Pada laman ini penulis dengan senang hati berbagi kesenangan menjadi ‘pendengar’. Mendengarkan, atau mungkin lebih tepatnya menyimak dan menikmati, musik paduan suara penting untuk dua alasan.

  1. Pertama dan utama, supaya kita tahu persis seperti apa sebuah komposisi secara utuh terdengar. Mereka yang bisa memainkan instrumen harmonis macam piano atau orgel tentunya bisa saja memainkan sebuah komposisi paduan suara untuk 4 suara (SATB) misalnya, tetapi itu akan terdengar berbeda dengan ketika komposisi tersebut dinyanyikan.
  2. Supaya kita tahu seperti apa produksi vokal yang baik terdengar. Lebih spesifik lagi, seperti apa warna vokal tenor pada karya-karya madrigal Monteverdi, misalnya, terdengar. Lalu kita bisa membandingkan bagaimana warna vokal ini berbeda dengan musik liturgi Tchaikovsky. Atau mungkin bisa juga kita bandingkan dengan produksi vokal tenor pada aransemen musik rakyat Afrika Selatan.

Ada banyak sekali referensi musik paduan suara di luar sana yang bisa kita akses. Apakah kita harus mendengarkan semuanya? Silakan bagi yang punya waktu. Dalam nama kenikmatan musikal dan pengayaan wawasan, penulis sendiri lebih menyukai mendengarkan musik paduan suara yang memang bagus. Kriteria bagus ini dalam seni mungkin subjektif, tapi kita bisa selalu melakukan penelitian kecil-kecilan mengenai profil, sejarah, dan pencapaian sebuah paduan suara. Pendapat para kritikus musik paduan suara juga selalu berguna untuk dijadikan acuan.

Jadi, seorang penyanyi paduan suara yang baik juga sebaiknya mengetahui bahwa ada beberapa paduan suara profesional di luar sana yang sangat layak untuk dijadikan rujukan. Teknologi sekarang sudah memungkinkan musik komersial diakses secara cuma-cuma di internet. Lema-lema blog ini memuat banyak sekali pranala ke YouTube, tapi di laman ini penulis mengajak pembaca untuk memanfaatkan perpustakaan musik gratis paling lengkap sejauh ini: Spotify. Nama-nama di bawah ini adalah di antara yang terbaik menurut banyak kritisi musik. Jelajahi keajaiban musik mereka di Spotify.

Tenebrae (Nigel Short)

The Sixteen (Harry Christopher)

Monteverdi Choir (John Gardiner)

Nederlands Kamerkoor (Risto Joost)

RIAS Kammerchor (Hans-Christoph Rademann)

Accentus (Laurence Equilbey)

Kammerchor Stuttgart (Frieder Bernius)

Chanticleer

Collegium Vocale Gent (Philippe Herreweghe)

Swedish Radio Choir (Peter Dijkstra)

Estonian Philharmonic Chamber Choir (Daniel Reuss)

Choir of Trinity College (Stephen Layton)

SWR Stuttgart Vokalensemble (Marcus Creed)

Arnold Schoenberg Chor (Erwin Ortner)

St Petersburg Chamber Choir (Nikolai Korniev)

Senarai ini tentunya berkembang terus. Silakan juga berbagi Spotifytuation kalian di bagian komentar.

Advertisements

Tanggapi

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s