Review Konser “Meet the Choirs!”

Dari milis AgriaSwara IPB (20 Februari 2004)

 

(Link YouTube hanya sebagai referensi)

 

Dengan ‘perjuangan’ dan sedikit ‘kenekatan’, akhirnya los muchachos-duo AgriaSwara berhasil juga mendapatkan reservasi di konser Meet the Choirs! yg kabarnya udah out of ticket itu. Posting el primo yang bilang bahwa tiket udah abis pada awalnya bener-bener bikin el secondo bete banget, soalnya, semanget buat nonton udah kadung berkobar-kobar. Trus pas el primo nelpon el secondo bahwa kata sang shahibul hajat sebenernya tanpa tiket pun kita (note: kita = nggak lebih dari 2 org) masih bisa nonton… berdiri (hiks hiks)… dan ada kemungkinan nontonnya di luar (hiks hiks lagi ah), el secondo bilang, “Udah, tancep aja. Berdiri juga kagak nape. Nyang penting bisa nonton, man.”

Dan berangkatlah los muchachos-duo ke Jakarta.

Eeeeeeeh, di bis kita ketemu Paul (terlahir dengan nama: Paulina Rosari, entah kenapa jadi mendapat gelar kehormatan Paul McCartney, heheheheheh….). Doi mo balik ke Jakarte. Nah, ini org yg di posting bilang kalo rumah die tuh di daerah venue konser juga. Ya udin… kita yg tadinya bedua ngajak dia. “Paul, ikut nyok. Tapi berdiri, ghimana?”

Saat itu Paul membawa pulang gaun dan busana haute coutoure-nya yg udah pada kotor, musti dicuci di Jakarta (qeqeqeqeqs….)

Eh, dienye mau dah.

Seneng dong kita, karena pada dasarnya kita kan emang pengen ngajak az many az pozzible buat nongkrong di MTC (Music Telecision, ^-^… bukan deng, Meet the Choirs).

Di venue konser, ternyata udah banyak banggets org yg dateng. Padahal dibilangnya kan konser jam ½ 8 malem. Kita tuh nyampe di situ baru jam 7 kurang ¼ gitu kali. Trus, gate controlnya periksa tiket tuh. Naaah… pas giliran kita, 😦 “Nggak ada tikeeeet, Pak” (mukanya kayak Shinchan lagi memelas). Bapak sama Ibunya nanya, “Kalian dari mana?”. Trus, begitu denger kita tuh dateng jauh-jauh dari Bogor, plus liat tampang kita yg emang dibikin sememelas mungkin, hehhehhe… rada didramatisir gitu, Bos. Eh, Ibunya bilang, “Berapa orang? Oh, tiga, tunggu, kayaknya saya masih ada dua tiket lagi deh.” Bapaknya ngasih satu dulu. “Ini saya punya satu. Mau dipegang dulu?”

Langsung deh disamber sama Ewinx.

Beberapa saat kemudian, Ibu itu juga balik lagi bawa dua tiket. Aaaah… leganya. Nggak jadi dong, standing party-nya, ^-^

Yeaah… now, ‘tis the time for… BRINGIN’ DOWN DA HOUZ.

GLEK! Nunggu konsernya lama. Trus gitu, emsinya rada-rada ca-ur, hehehehhe…. Tapi ya udin lah. Pokoke…. here comes the first
contestant…. MISS ATMAJAYA…. Atmajaya nyanyiin 4 lagu. Yg conduct namanya Paulus Chandra. Masih muda.

Mungkin seangkatannya Arvin juga. Kalo ketawa, matanya ilang ^-^.

Dibuka dengan lagu Many Gifts One Spirit-nya Allen Pote, Alleluia-nya entah siapa (di program salah tulis), dan Tuhan adalah Gembalaku-nya Ronald Pohan. Menurut gw (Agustian 2004 ;), choral sounding mereka udah cukup bagus, meskipun tenornya kadang masih terdengar ngeleher. (tau banget deh, soalnya diriku pun kadang masih suka begitu). Soprannya cukup bright, clear. Hanya mungkin terkesan kekuatan soprannya terpusat di beberapa org cewek ‘based on’ di baris dua aja (‘based on’ itu istilah Agria, definisi bisa dikonfirmasi di nomor 0856… ayyakh!). Basnya bagus! Sebagai fondasi di sebuah padsu, mereka sudah memadai. Mungkin altonya saja yang rasanya masih biasa-biasa aja. Tapi, kalo dilihat secara keseluruhan, interpretasi tiga lagu pertama bagus kok.

Udah gitu, entah emang karena format konsernya yang dibikin edukatif-interaktif atau apa, udah itu ada sesi tanya jawab segala.
Agak-agak mengganggu enjoyment sih, tapi, ya udin lah, mungkin emang begitu formatnya.

Yang jawab ketua PS-nya, ngerangkap pianis juga. Paulus malu-malu. Dan mulailah mata sang konduktor ilang lagi. Lagi, lagi, dan laaaaagi.

Penampilan Atmajaya ditutup dengan Thanks be to God-nya Noble Cain. Kalo diliat sih, repertoar yang mereka pilih belon ada yang bikin gw bener-bener stunned. Bikin gw terengah-engah (ngapain?) nahan nafas buat ngedengerin setiap nada, saking terpukaunya. Belon.

NEXT.

Proudly presents… Penabur Children Chorus.

Iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii temen-temen kok nggak ngajak aku?

GUBRAK!

heheheheh….

Ya ampuuuun… lucu-lucu banget. Ada yang mukanya kayak Sadako, ada yang kayak Daveigh Chase di film the Ring, ada yang kayak Tsubasa, ada yang kayak Nikita ;), (kecengan Ewinx, qeqeqeqeqs). Pokoknya kalo liat mereka, jadi inget cinta pertama di kelas 3 SD deh. huhahahahhahahah…. It’s my first luv….

Trusnya lagi, mereka tuh ternyata segambreng-gambreng gitu. Ada kali 70-an anak. Cuman, mereka teh ganti-ganti pormasi terus, nya? Kunaon eta geura?

Lagu pertama yang mereka tampilin adalah Burket (no, no, not THAT burket) alias Burung Ketilang, trus dilanjutin sama Burkat alias Burung Kakaktua ^-^. Formasi penyanyinya dikitan, cuman sekitar 20 anak, trus ada dua solis maju. Hehehehhehe…. temen-temen pada grogi semua ya? Suaranya nyaris nggak keluar. Udah gitu beberapa nada kentara banget nggak nyampe, karena takut. “Mama, Mama… kok di sini banyak orang ya, Mama.”

Sepanjang lagu pertama, los muchachos-duo + Paul McCartney merhatiin si Nikita kecil. Imuuut banget. Eh, fssssst…. anak cowok paling kiri kayaknya nggak nyanyi tuh. Takut banget kali ya?

Udah dua lagu itu, terus lagu ketiga Sekuntum Bunga-nya Ronald Pohan, dan As Long As I Have Music-nya Besig & Price. Lagu yg terakhir bagus banget. Formasinya juga formasi (nyaris) penuh, jadinya lebih gede lah powernya. Syair lagu As Long … itu aku bilang bagus banget, boleh tuh dicari partiturnya, ntar diadaptasi ke aransemen SATB. The music will set my spirit FREE…. Duh, suara-suara bening anak-anak kecil itu baru bener-bener kerasa di lagu itu. Jadi terharu dengerinnya. Jadi pengen mandi. (what?)

Lagu mereka yang kelima adalah lagu yg di FPS ITB kemaren dinyanyiin juga. Solfa Calypso. Tiga cewek di lagu ini harus rela nyambi dulu jadi tukang siomay sama pengamen jalanan, soale ketiganya musti pegang perkusi sederhana. Yang satu kayak kentongan gitu kali ya (tanyalah Nina, ahlinya, ^-^), yang satu kayak double stick (mo duel?), yang satu lagi ya… yang kayak pengamen jalanan itu, cuman yg semalem isinya bukan beras. Do mi sol do mi sol laaaa sol. (Solfanya sebelah mana yak?)

Trus, masuklah ke lagu sakral mereka. Tk tk tk… satu orang solis cewek maju ke depan kiri koor. Nyolo beneran, man. Lagunya Laudate Dominum-nya Mozart (TE-O-PE BE-GE-TE). Seperti kebanyakan karya Mozart yg laen, gw suka banget musiknya. Nah, ada yang menarik banget di lagu ini. Si solis soprano yang gw bilang tadi tuh nyanyi sendirian (utterly alone) di bagian awal lagu. Hhhhh…. di sini gw musti bilang kalo suara si solis emang clear&bright buanget. Nada-nada rendah pertamanya sih memang masih kurang sokongan power, tapi begitu mulai naek ke bagian-bagian nada register kepala, telinga gw seperti dimanjain gitu. Enaaaak banget, kedengerannya. Terus lagi, yang penting juga, sikap bernyanyi si solis kayaknya tenang banget. Pun begitu, dia bernyanyi juga dengan body and facial language. Seluruh badannya seperti ikut bernyanyi. Jadi inget Charlotte Church. Seneng deh mengetahui di Indonesia juga ada potensi kayak dia.

Udah itu, mereka nyanyiin lagu Indonesia, Tanah Pusaka Nusantara. No comment ah. Nothing’s particularly astonishing.

Baru deh, di lagu selanjutnya. From the Lion King, nicely composed by Elton John, Can You Feel the Love Tonight. Si solis soprano tadi nyolo lagi, bedua sih, sama temennya yg tampangnya kayak nerd girl di film Jepang gitu. Di lagu ini, si solis di Laudate Dominum berjaya lagi. Gw gak ngerti, kenapa juga Rizal Tandrio si konduktor mesti bikin solisnya jadi dua. Soalnya si solo yg satu lagi itu gw bilang nyanyinya kurang stylish. Kurang ngepop. Beda banget sama yg pertama. Aransemen koornya agak-agak dibikin minimalis (lebih seperti backing choir), tapi te-o-pe deh. A cappella pula. Siiip tenan.

Trus, lagu sebelum sesi tanya jawab adalah Rasa Sayange. No comment.

Di sesi tanya jawab, Rizal lebih banyak memberikan jawaban yang singkat, padat, … nggak jelas, hehehehe. Nggak ding. Cuman di pertanyaan terakhir aja dia jawab panjang lebar. “Mas Rizal, Mas Rizal. Itu gimana ya prosesnya ngelatih anak-anak seumuran gitu, yg buandelnya minta ampun itu, biar bisa jadi paduan suara yg bagus seperti ini?” Dengan suaranya yang ngebas –Rizal banget– dia jawab. Keluar deh, kocaknya Rizal. ^-^ Dia bilang, “Ya… namanya juga ngelatih anak-anak, mesti banyak sabarnya. Awal-awal mungkin anaknya masih buta nada, tapi terus dilatih, seminggu, sebulan, setahun, baru bisa keliatan. Udah gitu, mereka emang musti dibudayain disiplin latian. Libur sekolah berarti latihan. Dan itu bener-bener bukan proses yang instan. Kalo ada Bapak-Bapak pengen masukin anaknya, ‘Mas Rizal, tolong ini anak saya dibimbing, besok musti udah bisa nyanyi [Rizal menyanyikan sampel vokal sopran ‘uuu’] kayak gitu.’ Lha, ya nggak bisa tho.”

Penampilan PCC ditutup dengan I Will Follow Him. Atraktif, pake gerakan segala. Meskipun agak-agak nyelip-nyelip di antara. Abis, bocahnya banyak bener yak. Tempatnya gak semua mua muaaaat.

Terus mereka pun off stage. Daaaaag temen-temen, besok ketemu yach di sekolah. (kata Nikita kecil, yeee… sekolah eyang lo? hehehehheeh)

Trus, penampil ketiga adalah Caecilia Chorus. Kali ini Caecilia tidak didampingi Tuan de Larios dan si imut Dulce Maria. Juga tidak ada Tante Rambut Palsu… (ya iya laaah…)

Lagu pertama mereka A Prayer of St. Patrick-nya Rutter. No comment. Gw gak tau lagunya soale. Sorry, coy.

Tau gak sih lo, lagu kedua apa?

Irreprehensibilis est…

Yak! Anda benaaar. Locus Iste-nya Anton Bruckner. Ehem, ehem, pada zaman dahulu Agria pernah nyanyiin lagu ini, dan … uhuk, uhuk, bagian tengahnya soprannya …. TIIIIIT (censored).

Sumpeh deh. Gw jadi keder dengerin mereka nyanyiin lagu ini. Akang-akang di bass Agria Swara, bas-nya Caecilia top lho. Bagus! Bagian-bagian yg mereka kedengeran sendirian itu bener-bener bisa cover koor secara keseluruhan. Juga di seluruh badan lagu. Dulu waktu kita nyanyi ini, basnya masih kurang banget yach? Kurang power dan kurang sonoritas. Trus, karakter profound bassnya juga yg semalem gw dengerin keluar banget. Ah, jadi penasaran pengen nyanyiin lagu itu lagi. Tapi, kumaha atuh, kalo bass di Agria masih seuprit-uprit kayak sekarang mah, go to sea dah. Kelelep aja di Atlantik.

Soprannya cukup bagus, meskipun di bagian piano Locus Iste, mereka terkesan sedikit desperado karena musti nahan power di nada tinggi. Secara keseluruhan, pengolahan dinamikanya lebih berani. Range dari pp ke ff beda banget. Kalo kita? 😉 masih nanya, lagi.

Selanjutnya masih dari Bruckner. Ave Maria. Nah, yg ini gw suka banget. Dulu konser Unpad yg A Touch of Melody, lagu ini dibawain juga. Nada A sopran-sopran Caecilia berjaya di sini. Powernya juga gak tanggung-tanggung. Yg bikin kesel apa coba? Itu penonton… tepuk tangan di tengah-tengah lagu. Ca-ur gak tuh? Semalem tuh penontonnya emang mungkin terlalu serbaneka. Jadinya, yg baru pertama nonton konser padsu juga banyak kali. Jadinya, tiap-tiap lagu terdengar berhenti, prok-prok. Kontan aja penonton laen pada ketawa. (Gw juga sih, abis, konyol banget.) Akhirnya itu konser kan jadi kayak konser parodi. Emangnya Patrio in Concert?

Penampilan mereka ditutup dengan satu karya Beethoven.

Tet tereeereet…

Finally, the Choir of the Night, is about to give you the best of their performance tonight. Ladies and Gentlemen……………….. tepuk
tangannya manna? ^-^ ( kok emsinya jadi Cucu Cahyati? hehehheeh…. ) Emangya Cabidut?

BATAVIA MADRIGAL SINGERSSSSSSS (s-nya ber-echo)

Wuih, heboh dah. Avip jadi syah alam tadi malam. Dielu-elu (maksudnya ngomong elu-gue, gitu ^-^).

Ada Arviiiiin, di barisan depan paling kanan. Bawa chandelier. Trus ada Ivan Yohan. Ada Pepi juga. Ada Henri juga (anak TC), ada Harry (TC), ada si Gadis Bertato, ada Mirta Hartono (who looked pretty much like her idol, Suzanna ^^), ada Stefani, ada Ros (keempatnya anak JCVE juga). Semalem rambut si Ivan dibikin kayak Won Bin, nggak kayak waktu konser JCVE kemaren, dibikin kayak Indy Barends. Pepi masih dengan Prince-Charming smiley-nya. Mirta masih dengan tatapan sadisnya. Nggak ada yang berbeda.

Lagu pertama mereka adalah Geistlieche Lied (Brahms). Sebelum nyanyi, seorang anak alto bacain terjemahan syair itu dalam Bahasa Indonesia. Di lagu ini, Avip nggak conduct, bahkan emang tanpa konduktor. Avip di piano. Duh, selalu deh. Kalo gw dengerin padsu yg udah mapan kayak BMS, gw suka terengah-engah. Waiting in exhale. Intonasinya, harmoninya, mmmm…. Delicate. Kalo soal interpretasi, apalagi karya-karya macam Brahms, BMS mah udah gak usah didebat lagi deh. Lagu kedua mereka adalah Blazhen muzh karya Sergei Rachmaninoff. Sebelumnya juga dibacain terjemahan syair dalam Bahasa Indonesia. Di lagu ini, kentara banget ciri karya Rachmaninoff yg (seperti yg dibilang Ci Ingrid) menonjolkan alto dan tenor. Selama lagu dinyanyiin, semua suara seperti saling berkomunikasi. Maksudnya, si sopran tau kapan tenor dan alto musti ‘muncul’. Begitu juga bas. Padahal, kecuali Pepi yg sepertinya  memilih menghafal lagu, penyanyinya nggak selalu ngelihat ke konduktor. Udah canggih kali ya, hearing dan feeling mereka. Atau pake telepati lagi jangan-jangan. Dari ujung kiri, Mirta tetap dengan ekspresinya yang seperti orang yg cuman mangap-mangap doang. Abis, kayaknya tuh, nyanyinya bener-bener tanpa beban. Tadi malem, Arvin nggak seperti waktu di konser JCVE kemaren. Dia lebih banyak berkomunikasi dengan konduktor.

Seneng banget deh ngeliat bahasa wajah mereka ketika nyanyi. Kesannya tuh emang profesional banget. Udah nggak ada kerut-kerut di wajah (kecuali yg emang bermasalah dengan penuaan dini, ^-^). Produksi vokal tiap suara juga sangat seragam. Kata Ewinx sih di lagu pertama Ivan terdengar agak dominan. Tapi, di telinga gw sih, gw udah nggak kenal lagi suara Ivan sama Arvin yg mana. Trus, suara Stefani sama Mirta yg mana. Mungkin karena posisi beberapa penyanyi juga yang lebih deket ke kita sehingga kita berpikiran bahwa suara yg keluar itu adalah suara si A atau si B.

BMS menutup penampilan luar biasa mereka tadi malam dengan satu karya lagi dari Rachmaninoff. I love this work! Tenor dan alto berjaya lagi di sini. Intonasinya nyaris sempurna. Flawless.

Oh ya, info. Pas sesi tanya jawab, Avip bilang kalo dalam satu atau dua bulan ini, Avip bakalan buka tempat les vokal dan conducting juga di Jakarta. Konfirmasi musti ke dia langsung. Ayo, buat yang berminat.

Panjang yach, Lapdangmatnya. Edan gak tuuuh?

Pokoke, nggak nyesel deh, nekat-nekatin diri pegi ke Jakarta dengan risiko gak dapet tempat duduk. Paul, kebetulan yang menyenangkan yach?

Udin ah. Belon mandi neh, Malih. (mandi ono, Bang Jali….)

Sabtu depan, konser Paragita di BPPT, apa kabar? Ada yg mo nonton juga? Ayo, dua kali nonton di Galaxy ditangguhin dulu deeeh. C’m oooooon. Taun depan Arvin udah mo fasilitasin kita lho buat yg mo audisi AYC. Banyak-banyak liat yg bagus dulu dong. Biar termotivasi terus. OK, coy?

Salam Anget Banget,
HENDRA

Advertisements

Tanggapi

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s