3: Terbaik untuk Tahun Ini

Dari milis AgriaSwara IPB (20 April 2009)

Dear Choristers,

 

Aku mau bawa berita baik dulu yaaah. Kami berhasil meraih posisi 3 pada 10. mednarodno zborovska tekmovanje maribor (10th International Choir Competition Maribor) 2009. AlhamduliLlah. Berkat kerja keras dan disiplin (mengutip jargon konduktor kami), inilah hasil terbaik yang bisa kami persembahkan tahun ini.

Sedikit mengenai hasil kompetisi, sebenarnya juara satunya ada dua, karena nilai mereka sama, yaitu Komorni Zbor Ave (tuan rumah) dan KUP Taldea dari Tolosa, Basque (Spanyol). Dari kedua padsu itu, langsung ke BMS. Jadi, secara hierarki, yaaah… boleh dibilang BMS juara 2 juga sih sebenernya. Tapi, terserah panitia lah, itu toh hanya sekedar label, karena bagaimana pun, akhirnya BMS berhasil menaklukkan salah satu kompetisi paling sulit pada level internasional saat ini di Eropa. Pada level yang sama, kompetisi-kompetisi lain di Tours (Perancis), Debrecen (Hongaria), Arezzo (Italia), Tolosa (Spanyol), dan Varna (Bulgaria) bergabung bersama Maribor (Slovenia) dalam The European Grand Prix for Choral Singing, kompetisi paduan suara paling prestisius saat ini di Eropa. Untuk bisa ikut kompetisi ini aja susah banget, karena setiap tahun, panitia hanya memilih sedikit paduan suara dari seluruh dunia yang bisa bertanding, berdasarkan audisi rekaman dan profil paduan suara. Untuk ikut dalam Grand Prix sendiri, hanya juara satunya saja yang bisa ikut. Boleh dibayangkan (dan dibaca) bagaimana profil setiap paduan suara yang ikut dalam kompetisi-kompetisi tersebut.

Lawan kami kali ini, buset dah! Bukan main kuatnya!!! Dari Slovenia sendiri (Komorni Zbor Ave), emang langganan menang di mana-mana. Langganan tur konser keliling dunia. Lalu dari Irlandia (Mornington Singers), juga langganan menang Cork Competition. Belum lagi Victoria Chamber Choir dari Hongaria. Pernah menang juara satu dalam Harald Andersen Choir Competition (Finlandia) yang diklaim sebagai kompetisi paduan suara paling menantang saat ini.

Komorni zbor AVE: Ich bin der Welt abhanden gekommen (Gustav Mahler) ditata untuk 16 suara oleh Clytus Gottwald

KUP Taldea

Dugh! Mau nulis lebih panjang, tapi jatah internet di Metropol Hotel Budapest ini cuman 20 menit. Nanti deh sambung lagi yah, detail perjalanan hari ke hari kompetisi plus intrik-intrik spionase penuh konspirasi (hallah!) selama kami di sini. Mo bobo dulu ah. Udah tengah malam nih. Oh ya, barusan pulang ngamen di Tivoli Museum, kita diajak sightseeing Budapest di malam hari yang tidak pernah kehilangan pesona mistis eksotisnya. I so love this city!

Besok rekaman, terus konser, terus sightseeing lagi bentar, terus ciao ke Wina. Sampe ketemu di sana yaaaah.

Btw, pantengin KOMPAS dalam minggu ini yah, ada wartawan kompas yang menemani perjalanan kami selama di Eropa. Gak tau beritanya udah turun apa belum.

Advertisements

Tanggapi

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s