Konser PSM Universitas Parahyangan “Serenade from England”

Dari milis AgriaSwara IPB (24 September 2004)
Lapdangmat Konser PSM Unpar

Serenade from England

Auditorium BPPT, 17 September 2004

Dari Facebook PSM Unpar

Dari Facebook PSM Unpar

Nonton konser semalem? Perjuangannya, man. Jam 5 sore, Bogor ujan. Guedhe buanggetz. Pokoknya, jalan Malabar beralih fungsi jadi sungai Malabar, deh… (melebih-lebihkan ). Tapi, bener, lho, gw sampe berpikir… berangkat nggak ya? Ah, tiketnya udah di tangan, gimana duonx? Ya udin lah, berbekal payung yang … sialnya, ternyata rada-rada bochor … berangkatlah daku seorang diri, dengan Ekspres Pukul Lima (kayak di novel Dokter Zhivago-nya Boris Pasternak ^-^). Dari kota, nge-busway ke Sarinah, beli filet-o-fish di McD, trus langsung ke BPPT. Eh, iya, ketemu Daniel Agria 33 di kereta terus ketemu Harry BMS di seberang Sarinah, mo nonton juga.

Nyampe BPPT, sepatu masih basah tuh.

Konser mulai tepat pukul 20.00, seperti ditulis di publikasi. Dekor stage-nya sangat minimalis. Nggak ada apa-apa selain tulisan Serenade from England. Ada satu grand piano di sebelah kiri. Thatfs all. Tapi, dari sudut pandang penonton, kesannya elegan banget. Apalagi ketika kemudian para chorister masuk. Aduuuuuh…. bagus banget. Kostumnya juga simpel. Yang cewek nggak berseksi-seksi ria kayak….(siapa ya? ) Mereka cuman pake two-pieces outfit gitu. Atasannya loose blouse warna biru, bawahnya rok item panjang. Yang keren adalah, warna biru kostum mereka dibikin gradasi. Cewek paling kanan birunya paling tua, tapi nggak lebih tua dari biru Microsoft (nah lho? Heheheh… yg pertama kali kepikiran, org ngetiknya pake Word). Makin ke tengah makin pudar sampe baby blue di paling tengah. Cewek di kubu kiri birunya lebih tua juga, cuman hue-nya agak lain. Jadinya… aaah… jatuh cinta deh ama mereka. Cowoknya cuman pake jas item, kemeja item, trus di dalem kerahnya, leher mereka dibalut skarf biru. Sama. Gradasi juga. Simply saying, KEWL!

Enough about the look.

Here come the voices.

Temen-temen… pernah denger mereka di CD atau kaset dong (yg belon denger, aduh… cucian deh, lo, di 5 a sec). Kalo kalian denger mereka LIVE, hmmm…. gw yakin kalian akan lebih terpesona lagi. Bayangkan… (posisinya kayak patung Rodin dulu dong…. yak…. pose! Click!)… audit BPPT itu gedenya kan amit-amit (ya… ya… jauh lebih gede dari auditorium rektorat Institut Persawahan Bogor), mereka nyanyi tanpa bantuan sound system. Gila, ya? Iri banget, gw. Bahkan di 5 lagu pertama, mereka nyanyi cuman ber-18, tapi tetep kedengeran jelas, bahkan di dinamika piano.

Sopran mereka itu…. legit banget. Ringan, dan… wah… bersih banget (kayaknya mereka nyanyi pake Sunlight cair deh). Nih, ya… kalo mereka nyanyi di G# tinggi, semuanya nyanyi di G# tinggi, nggak yang… G# tinggi kurang dikit, ato malah, G# tinggi lewat beberapa Hz. Bersih banget.

Altonya juga empuk, nggak dikaku-kakuin sampe jadi bantat (kue bolu dong?). Tapi, neng altonya Unpar teh… fleksibel pisan. Kadang-kadang dibikin tebel, kadang-kadang dibikin tipis… sesuai permintaan konduktor.

Kalo tenornya… aduh, bikin gw iri banget. FYI, alumni angkatan 95 berinisial IY masih nyanyi tuh. Dan, beliau beserta bala tentara tenor bener-bener bikin gw bertanya-tanya…. Itu tadi… itu tadi… nyanyinya gimana yah?h. Abis, kayaknya mereka tuh sama sekali nggak kesulitan nyanyiin nada-nada di atas garis teratas paranada gitu. Ibaratnya, semua nada dilalap abis. Blend pula. Aaaah… pengen bisa kayak gitu. Delon, ajarin dong. (Lho? Kok Delon? Maap…. heheheheh…..)

Bass Unpar? (sambil pasang tampang sok cool gituh…) MANTEBH!!! Iya sih, di lagu Corydon, Arise-nya Stanford, bassnya agak-agak keteteran tempo, tapi, secara keseluruhan, kita boleh jadiin bass Unpar role model. (Apa? Foto model? :D). Yang wajib dicatat adalah, bass mereka itu terdengar enak di nada-nada tinggi. Jadi, ada beberapa lagu yang bassnya nyanyiin nada-nada tinggi (mungkin registernya Tenor 2), tapi, suara mereka nggak terdengar maksa bin ngotot bin ngeleher. Enak aja, kedengerennya. Leon di sebelah gw malah sempet ngira itu Tenor 2. Gw bilang… itu bass. Percaya gw deh. Jadi, gimana nih, Ronald, Arie, dan rengrengannya? Ketantang bisa kayak gitu nggak?

Secara keseluruhan, ada beberapa hal yang pengen banget gw share sama temen2.

Satu. Unpar itu rapi banget yah, nyanyinya. Dinamikanya terjaga dan uniform. Kalo Avip maunya crescendonya cuman seuprit, mereka bikin cuman segitu, kalo bikinnya pengen lebih dramatis, mereka juga bikin kayak gitu. Kompak! Pianonya sama, Fortissimonya sama. Dan, di beberapa lagu, release sopran ke diminuendo mereka bener-bener bikin gw pengen standing ovation. Cuman malu aja, nggak jadi deh.

Dua. Artikulasi dan intonasi mereka jelas banget. Konser itu kan ceritanya emang Serenade from England, nah, itu bener-bener mereka bikin British, mulai dari lafal, sampai warna vokal. Gw juga baru tau kalo Sweet Honey-Sucking Bees itu bacanya ’sooking’ (pake u), bukan ’sucking’ (pake a). Nah, belajar bahasa deh. Trus, bunyi-bunyi konsonan mereka terdengar cerdas. Ada beberapa koor yang menurut gw konsonannya dibego-begoin. Udah jelas di akhir kata itu ada fonem ’tsch’ misalnya, tapi mereka cuman bikin ’sh’, atau malah cuman ’s’. Kayak-kayak gitu deh.

Tiga. Frasering bin pernafasan, satu keluarga sama pengalimatan dan penceritaan lagu. Gw sampe berpikir, mereka nih kalo nyanyi nafas nggak sih? Grrrr…. kedengerannya kayak nggak nafas gitu. Nafas mereka bener-bener terolah baik. OK. Mungkin nggak sepanjang yang gw kira, tapi, ketika mereka bernyanyi dalam format full choir, kalimat lagu mereka nggak terdengar terpotong-potong gara-gara kehabisan nafas di tengah-tengah. Gw pikir sih, mereka mengatur nafas mereka sehingga setiap kali diperlukan sustain sekian bar, mereka terdengar satu nafas. Yeah…. temen-temen tau dong, caranya. Gantian nafas itu lho. Cuman kenapa ya, kalo di kita teh, selalu ketauan kalo kita tuh Curi-curi Nafas Choir (CNC)? Gimana tuh?

Empat. Musikalitas. Above everything else ini mah. Jadi, yang namanya portamento, legato, legatissimo, dolce, staccato, sforzando, forte-pianoc. Kayaknya SETIAP penyanyi Unpar udah ngelotok di luar kepala deh. Kayaknya tuh, mereka nyanyi merem juga udah jadi. Bener lho, soalnya, nggak setiap penyanyi selalu panteng ngeliatin konduktor. Tapi, mungkin karena memang musikalitasnya sudah terasah, mereka tau di mana harus gimana. Yeah… itu mah emang pastinya tak terlepas dari latian yg terus-menerus.

Kesimpulan, gw nggak rugi dateng jauh-jauh…. kehujanan…. sendirian…. nonton Unpar tadi malem.

Lagu favorit gw tadi malem adalah The Blue Bird-nya Stanford, Ballad of Green Broom-nya Britten, dan The Love-Sick Boy-nya Gilbert&Sullivan. Sedikit cela cuman di lagu Corydon, Arise!-nya Stanford. Oh ya, mereka bawain 26 repertoar, plus 1 encore. Gila ya! Repertoar sejibun-jibun gitu latiannya kayak apa? (Seperti bisa ditebakc tiap ari!). Aje gile emang, mereka mah.

Tapi, gw pikir mah, it was all worth it. Gimana nggak? Mereka tuh latian buat satu titik fokus yang jelas (banget). Taun depan, mereka udah dibooking tur konser di Asia (Singapore, Taiwan, dan Jepun).

Segitu aje Lapdangmatnye. Ane kagak tau dah, ni tulisan dibace ape kagak, tapi ane cuman mo bagi-bagi aje. Sape tau ade yang tergugah hatinye (ca’ileee udah kayak Pa ErTe aje ane). Gitu lho, Bang Jali.

Mangga ah,

HENDRA

PS. Oh iye, Buat Ewinx, lu cerita2 ye, kalo nemu koor yg bagus di sono, trus, lu ada waktu buat jadi anggotanya…. heheheh…. itu mah emang kudu niat. Mungkin cerita lo di sono melulu laboratorium dan perpustakaan yah? Ya udin lah. Yang giat ya…. Sapa tau pulang ke Indo lu bawa Nobel (apa? bawa Togel? :D). Winx, tau gak si loh? Gloria 1,2,3-nya Hyo-Woon itu emang susaaaaaahnya minta ampun. Itu partitur, keritingnya udah kayak rambut Macy Gray dah (yg ini gw serius!). Masa partitur ada gambar rambut kusutnya gitu? Trus, di bagian syairnya cuman ada tulisan Christe, Christe doang. Mana beatnya 8/8 aksen di tempat fyang tak biasaf pula. Sayang yah, lu gak ikut latiannya. Ntar lo nonton pake itu ajah…. tele-concert (saingannya tele-conference…. qeqeqeqs)

Tanggapi